Pengertian Return On Investment, Perhitungan Dan Manfaatnya

pengertian return on investment adalah
photo credit: vuework.com

Pengertian Return On Investment atau ROI yaitu ukuran yang menunjukkan seberapa besar laba atau keuntungan yang didapat dari investasi tersebut. 

ROI dapat dikatakan besarnya keuntungan dari investasi yang ditanam.

1. Pengertian Return On Investment

Pengertian Return On Investment adalah rasio profitabilitas yang mengukur efisiensi investasi dengan membandingkan laba bersih dan total biaya. 

Return On Investment atau lebih dikenal dengan ROI yaitu pengukuran keuntungan atau kerugian dalam investasi.

ROI pada umumnya menjadi salah satu bentuk pendekatan yang paling umum digunakan untuk melakukan evaluasi konsekuensi keuangan dari suatu keputusan dan tindakan investasi bisnis. 

ROI sendiri juga dapat digunakan dalam keputusan keuangan pribadi.

Selain itu, ROI juga mampu menjadi langkah dalam membandingkan profitabilitas suatu perusahaan maupun membandingkan efisiensi investasi. 

ROI tentu dapat digunakan untuk mengukur investasi Kavling Syariah

Pada dasarnya, ROI merupakan rasio keuangan yang penting untuk :

  • Membuat keputusan pendanaan untuk proyek dan berbagai jenis program. Misalnya program pelatihan, program pemasaran, program perekrutan
  • Membuat keputusan pembelian aset. Misalnya gedung, kendaraan, mesin produksi, komputer
  • Membuat keputusan investasi saham maupun investasi pada modal ventura

2. Menghitung Return On Investment

pengertian return on investment perhitungan
photo credit: slide team

ROI atau keuntungan atas investasi dihitung dengan cara mengurangi biaya investasi dari total pendapatan kemudian membaginya dengan total biaya investasi. 

Rumus ROI dapat ditulis :

ROI = (Pendapatan investasi – Biaya Investasi) : Biaya Investasi
Namun rumus tingkat pengembalian investasi ini dapat dimodifikasi sesuai keadaan dan tergantung pada apa yang dimasukkan sebagai biaya (cost) dan pengembalian (return).

Misalnya ada manajer produksi yang menggunakan rumus ROI untuk menghitung tingkat pengembalian dari mesin produksi. 

Sedangkan seorang investor menggunakan rumus ROI untuk menghitung keuntungan dari investasi saham miliknya. 

Dari pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa rumus ROI sendiri sangat fleksibel sesuai dengan kebutuhan. 

Rumus ROI dapat digunakan sesuai dengan apa yang ingin ditunjukkan maupun di ukur oleh penggunanya. 

ROI bernilai positif dianggap sebagai investasi memberikan pengembalian yang baik. 

ROI positif juga menandakan bahwa investasi dapat dikembalikan dan diperoleh laba dari sisa biaya investasi tersebut. 

Sedangkan ROI negatif menunjukkan pendapatan yang tidak dapat menutupi total biaya investasi yang dikeluarkan. Sehingga tingkat pengembalian lebih tinggi dan ROI bernilai rendah.

3. Faktor Pendukung ROI

pengertian return on investment profit
photo credit: kickassenterpreuneur

ROI dipengaruhi oleh dua faktor yaitu:

  • Tingkat Perputaran Aktiva
    Terlepas dari presentase nilai ROI, faktor pendukung ROI sendiri juga tergantung dari tingkat perputaran aktiva yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Perputaran aktiva yang digunakan perusahaan berkaitan dengan seluruh kegiatan operasional. Kecepatan berputarnya aktiva dalam periode tertentu sangat mempengaruhi tingkat pengembalian investasi.
  • Profit Margin
    Faktor pendukung ROI selanjutnya yaitu profit margin. Profit margin yaitu rasio pendapatan terhadap penjualan yang berhasil diperoleh dari selisih penjualan bersih yang dikurangi dengan harga pokok penjualan. Kemudian hasil tersebut dibagi penjualan bersihnya.
    Profit margin ini mampu mengindikasi kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan. Profit margin juga mampu mengontrol berbagai kebutuhan operasional.
  • Turnover dari Operating Assets
    Turnover dari Operating Assets atau tingkat perputaran aktiva yang digunakan dalam kegiatan operasional juga berpengaruh dalam analisis ROI. Tingkat perputaran aktiva dapat dilihat dari seberapa cepat perputaran operating assets dalam suatu periode.
  • Penetapan Target
    Faktor pendukung lainnya yaitu penetapan target pasar dari suatu perusahaan. Target yang dimaksud disini yaitu sisi paling krusial untuk membawa tim atau perusahaan menjadi yang lebih berkualitas.
  • Inovasi dalam Proses
    Inovasi dalam proses yaitu memaksimalkan karyawan dan data-data yang disimpan dalam suatu sistem. Inovasi dalam proses berjalannya perusahaan akan berpengaruh dalam analisis ROI yang dilakukan

4. Kelemahan ROI

Penggunaan dari analisis atau perhitungan dari ROI pun juga ada titik kelemahannya. Kelemahan dari ROI yaitu tidak memasukkan unsur biaya modal dalam perhitungannya. 

Sehingga hasil dari ROI yang tinggi belum dapat dinilai paling efektif.

ROI dapat bernilai efektif ketika hasilnya telah dibandingkan dengan biaya modal. Kelemahan lain dari ROI yaitu presentase yang didapat dalam perhitungan ROI dirasa masih sulit dibandingkan pada perusahaan kompetitif.

Hal tersebut disebabkan karena setiap praktek akuntansi dan manajemen keuangan setiap perusahaan akan berbeda-beda. Sebagian investor hanya berfokus pada margin dan laba investasi yang diperoleh saja.

Padahal investor yang tepat juga harus memperhatikan jumlah dana yang harus diinvestasikan untuk mencapai target penjualan. Selain itu, investor juga seharusnya memperhatikan jumlah margin keuntungan yang diperoleh dalam mengembangkan bisnis.

Jika investasi hanya menghasilkan margin keuntungan yang sedikit, maka bisnis yang dijalankan tersebut akan sulit untuk berkembang. Kelemahan lain dari analisis ROI yaitu teknik analisa yang terletak pada fluktuasi nilai dari uang atau daya belinya.

Kelemahan atau kekurangan yang lain yaitu adanya fluktuasi nilai dari uang suatu perlengkapan atau mesin akan berbeda-beda. Pada perbedaan inflasi nilai ini akan berpengaruh pada perhitungan profit margin dan investment.

Analisis ROI juga tidak bisa digunakan untuk membandingkan antara dua perusahaan maupun lebih. Analisis ini diperoleh dari dua rasio yang masing-masing mengandung unsur penjualan. Analisis yang dilakukan juga tidak dapat mengetahui sebab terjadinya perubahan.

5. Manfaat Return On Investment

cash flow
photo credit: investopedia

Meskipun memiliki beberapa kelemahan, namun ROI ini juga memiliki manfaat yang beraneka ragam. Misalnya:

  1. Apabila data industri yang sejenis tersedia, maka dapat melakukan pengalokasian ROI pada perusahaan lain yang sejenis.
  2. Return On Investment (ROI) bersifat menyeluruh apabila perusahaan berhasil menjalankan teknik perhitungan ROI dalam mengukur efisiensi penggunaan operating asset.
  3. Analisis ROI juga bermanfaat untuk mengukur tingkat efisiensi aktivitas perusahaan dalam mengalokasikan modal dan biaya.
  4. Adanya analisis ROI mampu mengukur efesiensi dalam penggunaan modal, efisiensi produksi dan efisiensi pada bagian penjualan.
  5. ROI bermanfaat untuk prinsipal yang bersifat menyeluruh. Jika suatu perusahaan telah menjalankan akuntansi dan ROI yang baik maka perusahaan dapat berjalan lancar dengan efisiensi yang bagus.
  6. ROI juga bermanfaat untuk memanajemen atau mengontrol dan perencanaan dari perusahaan.
  7. Dalam pengambilan keputusan di perusahaan, pihak perusahaan juga melihat dari analisis ROI yang dihasilkan. Pengambilan keputusan perusahaan berkaitan dengan pengadaan expansi.
  8. Analisis ROI juga berguna untuk pengukuran protabilitas dari masing-masing produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Product cost system yang baik, modal dan biaya yang sesuai mampu menghasilkan profitabilitas bagus dari masing-masing produk.
  9. Adanya analisis Return On Investment juga mampu memperoleh rasio industri yang tepat. Pada analisis yang dilakukan, perusahaan mampu mengetahui apakah posisi perusahaan berada di bawah, sama atau diatas rata-rata.

Pengertian Return On Investment yaitu laba investasi yang dihitung sesuai dengan rumus diatas. Seperti halnya dengan analisis yang lainnya, ROI juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. 

Anda sebagai investor atau pihak developer sangat dianjurkan untuk menggunakan ROI sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HUBUNGI KAMI

  • 0821 123 777 83
  • 0821 123 777 83
  • 0821 123 777 83
  • infoprosyamar@gmail.com

Copyright @2019 intiproperti.com